Sunday, 6 May 2012

PERKEMBANGAN DAN KEJAHATAN UANG

Perkembangan Uang dan Kejahatan Uang
Sejarah Uang
          Uang yang kita kenal sekarang ini telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang
berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana, mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri; singkatnya, apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya. Perkembangan selanjutnya mengahadapkan manusia pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata tidak cukup untuk memenuhui seluruh kebutuhannya. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri, mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan olehnya. Akibatnya muncullah sistem'barter'yaitu barang yang ditukar dengan barang. Namun pada akhirnya, banyak kesulitan-kesulitan yang dirasakan dengan sistem ini. Di antaranya adalah kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan dan juga mau menukarkan barang yang dimilikinya serta kesulitan untuk memperoleh barang yang dapat dipertukarkan satu sama lainnya dengan nilai pertukaran yang seimbang atau hampir sama nilainya. Untuk mengatasinya, mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum (generally accepted) benda-benda yang dipilih bernilai tinggi (sukar diperoleh atau memiliki nilai magis dan mistik), atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari; misalnya garam yang oleh orang Romawi digunakan sebagai alat tukar maupun sebagai alat pembayaran upah. Pengaruh orang Romawi tersebut masih terlihat sampai sekarang: orang Inggris menyebut upah sebagai salary yang berasal dari bahasa Latin salarium yang berarti garam.


Uang Tempo dulu
          Uang, dahulu difenisikan secara garis besar yaitu sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum.
          Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.
Uang Kontemporer
          Saat ini uang sudah memiliki arti berbeda yaitu Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari hari, contohnya untuk makan, minum, tidur, belajar serta untuk pembayaran Hutang yang sering ditunggak. 
          Adapun fungsi dari uang ialah
lSebagai alat tukar (tool of exchange)
lSebagai satuan hitung (unit of account)
lAlat penyimpan nilai (valuta)
lAlat pembayaran yang sah
lPembayaran utang
lPenimbun kekayaan, dan
lPendorong kegiatan ekonomi

Kejahatan Dari Uang
          Uang merupakan sesuatu yang sangat diinginkan setiap orang, dan dari itulah timbul kejahatan yang disebabkan oleh uang seperti :

Pencucian uang (Inggris:Money Laundering) adalah suatu upaya perbuatan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang/dana atau Harta Kekayaan hasil tindak pidana melalui berbagai transaksi keuangan agar uang atau Harta Kekayaan tersebut tampak seolah-olah berasal dari kegiatan yang sah/legal.

Korupsi adalah suatu tindakan untuk mengambil keuntungan sepihak yang dilakukan dengan cara mengambil atau meneror uang orang lain dengan cara sembunyi maupun terang-terangan, korupsi ini sudah ada sejak dahulu, contoh buruk dari perbuatan korupsi adalah seperti zaman belanda saat VOC bangkrut akibat banyaknya korupsi di daerah perusahaan.
Uang Palsu  yang dalam bahasa inggrisnya counterfeit money merupakan suatu tindak kejahatan Uang yang sangat parah. Uang Palsu ini dibuat menyerupai bentuk aslinya untuk menipu orang yang menggunakanya dan agar memperoleh keuntungan. Uang palsu ini merupakan suatu bentuk penipuan yang dilakukan sehingga hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran sang empunya uang.

 Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment