Wednesday, 4 April 2012

PEGAS DAUN (BELAJAR OTOMOTIF)

PEGAS DAUN OTOMOTIF


 PENGERTIAN
Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi yaitu :
  1. Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid)
  2. Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas.
RAGAM
Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi yaitu :
  1. Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid)
  2. Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas.
Sistem suspensi Independen
Roda dalam satu poros dihubungkan dengan poros kaku (rigid), poros kaku tersebut dihubungkan ke bodi dengan menggunakan pegas, peredam kejut dan lengan kontrol (control arm)
Awalnya semua kendaraan menggunakan sistem ini. Sampai sekarang sebagian besar kendaraan berat seperti truck, masih menggunakan sistem ini, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda belakang.
Antara roda dalam satu poros tidak terhubung secara langsung, masing-masing roda (roda kiri dan kanan) terhubung ke bodi atau rangka dengan lengan suspensi (suspension arm), pegas dan peredam kejut. Goncangan atau getaran pada salah satu roda tidak memengaruhi roda yang lain.
Umumnya kendaraan penumpang menggunakan sistem ini pada semua poros rodanya, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda depan sedangkan pada poros roda belakang menggunakan sistem suspensi dependen pada poros roda belakang. Tipe MacPherson strut dan double-wishbone termasuk dalam jenis sistem ini.
 KOMPONEN
Pegas
Dengan sifat pegas yang elastis, pegas berfungsi untuk menerima getaran atau goncangan roda akibat dari kondisi jalan yang dilalui dengan tujuan agar getaran atau goncangan dari roda tidak menyalur ke bodi atau rangka kendaraan. Biasanya shock absorber hanya memiliki seal dan membutuhkan oli untuk bekerjanya, dan rangka asli dari pegas ialah besi elastis


Beberapa tipe pegas yang digunakan pada sistem suspensi :
  • Pegas ulir (coil spring), dikenal juga dengan nama 'per keong', jenis yang digunakan adalah pegas ulir tekan atau pegas ulir untuk menerima beban tekan.
  • Pegas daun (leaf spring), umumnya digunakan pada kendaraan berat atau niaga dengan sistem suspensi dependen.
  • Pegas puntir atau dikenal dengan nama pegas batang torsi (torsion bar spring), umumnya digunakan pada kendaraan dengan beban tidak terlalu berat.
Peredam kejut
Peredam kejut berfungsi untuk meredam beban kejut atau goncangan atau getaran yang diterima pegas.
Lengan suspensi
Lengan suspensi atau suspension arm hanya terdapat pada sistem suspensi dependen, terpasang pada bodi atau rangka kendaraan, berfungsi untuk memegang rangka roda kendaraan. Pergerakan yang komplek pada roda agar dapat sinkron dengan pergerakan pergerakan lengan suspensi maka terdapat ball joint pada pengikatan lengan suspensi dengan rangka roda.
 CARA KERJA
Dibagian ini kita akan membahas cara kerja pegas cara kerja pegas ialah pada saat mobil berjalan di atas permukaan yang tidak rata, otomatis mobil akan berguncang disinilah pegas itu berfungsi dengan menahan atau memperkecil kejutan kepada mobil atau pengendara.
ALAT DAN BAHAN
Pada saat melakukan pembongkaran system kopling kita wajib menguasai bahan serta mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan pembongkaran, alat yang digunakan dalam membongkar kopling sebagai berikut:
®        TOOL SHEET
®        MAJUN
®        WADAH
®        KIKIR
®        GREESE
 KESELAMATAN KERJA
  • Hati – hati sewaktu menurunkan pegas daun, minta tolong seorang dengan menggunakan dongkrak
  • Pasang ganjal pada roda, sewaktu menurunkan aksel belakang
  • Gunakanlah selalu pakaian praktek saat melakukan pekerjaan
  • Gunakanlah alat sesuai dengan fungsinya
  • Letakanlah komponen di tempat yang aman
  • Rapikanlah selalu tempat kerja
  • Serius dan berhati hatilah dalam bekerja
  LANGKAH KERJA





Pembongkaran
  • Lepas plat pembawah dan baut “U”, ganjal roda!
  • Lepas palt penahan
  • Tahan pegas daun dengan dongkrak dan keluarkan pin penggantung
  • Beri tanda untuk pegas daun bagian depan
  • Turunkan dongkrak dan lepas pin
  • Keluarkan pegas daun dan pasang pada ragum
  • Buka klem pegas daun atau bor keling pada klem
  • Buka baut senter pegas daun
  • Bongkar pegas daun.
Pemeriksaan
  • Bersihkan busing pegas daun dan pin (pakai skrap segitiga)
  • Periksa kondisi pin, bila bengkok atau aus, ganti!
  • Periksa kondisi ulir pada pin, rusak, ganti!
  • Bantalan karet yang rusak, retak dan aus, ganti!
  • Kondisi pegas daun, retak atau aus yang berlebihan, ganti!
  • Klem pegas daun rusak atau putus, ganti!
  • Kondisi baut “U”, retak, aus atau ulirnya rusak, ganti!
  • Ulir baut senter pegas daun, rusak, ganti!
  • Kondisi karet pembatas, rusak atau sobek, ganti!




Pemasangan
  • Beri vet tahan air pada permukaan kontak pegas daun
  • Ukur! Ketinggian pegas daun sebelah kanan dan kiri, harus sama.

  • Untuk kendaraan khusus biasanya jarak antara sumbu pegas daun depan dan belakang tidak sama (lihat buku manual)

  • Kembalikan tanda seperti semula
  • Lakukan pemasangan sesuai dengan kebalikan pembongkaran.
  • Atau lakukan hal kebalikan dari pembongkaran
Bila pegas daun retak atau putus, jangan disambung dengan las!

Terima Kasih…….











12 comments:

  1. aduh kasian bener yang lagi praktek, dah ga pakai sarung tangan, pakai kunci abal abal begitu

    ReplyDelete
  2. What's up Dear, are you actually visiting this website on a regular basis, if so after that you will definitely take good experience.

    My web blog: Diet Plans

    ReplyDelete
  3. Its not my first time to visit this website, i am browsing this website dailly and get
    fastidious facts from here daily.

    My website - Xength X1 Free Trial

    ReplyDelete
  4. Fine way of telling, and good post to obtain facts concerning my presentation subject, which i am going to deliver in university.


    Look into my web page - Acai Fruit

    ReplyDelete
  5. I am no longer certain where you're getting your info, however good topic. I needs to spend a while studying much more or understanding more. Thank you for fantastic info I used to be searching for this info for my mission.

    Here is my webpage :: online pay day loans

    ReplyDelete
  6. of course like your web-site however you have to check the spelling on several of your posts.
    A number of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform the truth nevertheless I will definitely come back again.


    Check out my page; raspberry ketone reviews

    ReplyDelete
  7. Do you have a spam problem on this site; I also am a blogger,
    and I was wondering your situation; many of us have created some nice practices and we are looking to exchange strategies with others,
    be sure to shoot me an email if interested.

    my blog post :: Natural Cleanse Review

    ReplyDelete
  8. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as
    though you relied on the video to make your point. You
    clearly know what youre talking about, why throw
    away your intelligence on just posting videos to your
    blog when you could be giving us something informative to read?


    my homepage - build muscle fast

    ReplyDelete
  9. Greetings from California! I'm bored to death at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I enjoy the information you present here and can't
    wait to take a look when I get home. I'm surprised at how quick your blog loaded on my cell phone .. I'm not even using
    WIFI, just 3G .. Anyways, good blog!

    Visit my web page ... Order Trimextrin

    ReplyDelete
  10. Thanks gan infonya membantu sekali :)

    ReplyDelete

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment