Sunday, 6 May 2012

10 DOSA BESAR

10 Dosa Besar Yang Dimurkai Allah SWT
1. Syirik
Syirik menurut bahasa berarti syarikat atau sekutu . menurut istilah tauhid adalah perbuatan menyekutukan allah swt dengan sesuatu selainnya yang seharusnya hanya di tujukan kepada allah swt , orangyang melakukannya disebut dengan musyrik.
Syrik merupakan dosa paling berat karena pelakunya tidak akan dimaafkan jika tidak
melakukan taubat nasuha sebagaimana diungkapkan dalam firman allah :
Terjemahan :
48. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.(QS an nisa; 48)
2. Durhaka Terhadap Orang Tua
Orang yang paling banyak jasanya dan paling dekat dengan kita adalah kedua orang tua kita , seseorang yg durhaka termasuk dosa besar . perbuatanya antara lain membentak, menghardik, berkata tidak sopan dan lain-lain.
Anak yang durhaka kepada orang tua akan mendapat murka allah, ajaran islam memerintahkan agar seseorang anak berkata sopan dan lemah lembut kepada orang tuanya. Firman allah menyatakan :
Terjemahan :
maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS al isra’ ayat 23)

3. Bersaksi Palsu
Pengertian menurut bahasa, kata saksi atau syahadah diambil dari kata musyahadah yang berarti melihat dengan mata kepala. Pengertian saksi menurut istilah ialah pemberitahuan seseorang tentang apa yang dia ketahui dengan lafal aku ‘menyaksikan’.
Tidak halal bagi seseorang untuk bersaksi, kecuali ia benar benar mengetahui peristiwa yang terjadi. Hukum kesaksian adalah fardu ain bagi orang yang dipanggil untuk menjadi saksi, apabila ia tidak dipanggil juga seharusnya ia datang untuk menjadi saksi agar orang yang benar tidak kehilangan haknya.
Allah swt sudah mengatakan bahwa mengharamkan surga kepada orang yang telah menjadi saksi palsu, dan akan menjebloskannya kepada neraka.

4. Sihir
Sihir merupakan sesuatu yang harus ditentang oleh semua orang di dunia ini, pekerja sihir ini bekerja siang dan malam untuk mendapatkan imbalan dari orang yang berjiwa lemah, jahat, dan dendam kepada orang lain, sementara orang yang terkena sihir menderita dan tersiksa karenanya.
Pengertian sihir menurut bahasa ialah mengalihkan, sedangkan menurut istilah fakhruddin arrazi mengatakan bahwa sihir dalam istilah syarak dikhususkan bagi sesuatu yang penyebabnya tak terlihat, terbayang dalam wujud yang bukan sebenarnya, dan berlangsung melalui pemutarbalikan.
Diantara akibat sihir ialah pembunuhan, menjadikan sakit, menyebabkan seseorang tidak mampu melakukan hubungan suami istri, dan lain lain, para ulama juga sepakat bahwa sihir merupakan dosa besar.

 5. Mencuri atau Merampok
Mencuri adalah mengambil harta orang lain dengan jalan sembunyi sembunyi. Mencuri merupakan dosa besar dan wajib dihukum  dengan cara dipotong tangannya.
Firman allah tentang seseorang yang mencuri yaitu:
Terjemahan :
38. Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS al maidah; 38)

6. Membunuh
Hak-hak yang paling utama bagi setiap manusia yang dijamin pula oleh Islam adalah hak hidup, hak pemilikan, hak pemeliharaan kehormatan, hak kemerdekaan, hak persamaan, dan hak menuntut ilmu pengetahuan. Firman Allah :
Terjemahan :
Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu alasan yang benar.” (QS Al Isra : 33), dan
Hadis nabi Muhammad SAW.artinya :“Barang siapa membunuh dirinya dengan sesuatu maka kelak ia akan disiksa di hari kiamat nanti dengan barang tersebut.” (HR Muslim)

7. Riba Dan Memakan Harta Anak Yatim
Memakan harta anak yatim hukumnya haram dan termasuk dosa besar. Banyak ayat AL-QUR’AN menjelaskan kepada kaum muslimin untuk membantu mengasuh dan mendidik anak yatim, apabila anak yatim dianiyaya dengan cara memakan hartanya, maka itu termasuk dosa besar.
Wali yang kaya juga tidak memiliki hak pada harta anak yatim, sedangkan upah kewaliannya hanya diperoleh di sisi allah, tapi jika hakim mengatakan baginya sebagian harta itu maka boleh digunakan tanpa berlebih lebihan.

8. Lari Dari Petempuran
Apabila yang menjadi kaidah dasar adalah damai, sedangkan perang sebagai pengecualian, maka berarti menurut ajaran islam perang sama sekali tidak dikenal dalam keadaan bagaimanapun kecuali pada dua keadaan sebagai berikut:
a.       Mempertahankan diri, nama baik, harta, dan tanah air ketika diserang musuh (QS AL BAQARAH 190 dan 246.
b.       Dalam keadaan mempertahankan dakwa ke jalan allah, yaitu apabila ada orang yang menghentikan dakwah ini dengan cara menyiksa orang orang yang seharusnya terjamin keadaannya dengan jalan merintangi mereka yang ingin memeluk agama allah, atau melarang juru dakwah menyampaikan ajaran allah. (QS AL BAQARAH 190-193)
Adapun lari dari medan pertempuran karena membela kebenaran yang sedang berkecamuk, adalah perbuatan seorang pengecut. Hal ini berarti ia rela mengerahkan seluruh harta, jiwa, raga kepada musuh serta merelakan semua harkat dan martabatnya untuk dinjak-injak oleh musuh, di samping itu melarikan diri dari medan perang dapat melemahkan semangat juang pejuang lainnya dalam medan pertempuran. Islam mewajibkan untuk tetap tegak menghadapi musuh.

9. Asusila atau berzina
Asusila adalah perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma atau kaidah kesopanan yangsaat ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat, terutama remaja. Islam dengan Al Qur’an dan sunah telah memasang bingkai bagi kehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah an bersih dari kerusakan moral. Menurut pandangan Islam, tinggi dan rendahnya spiritualitas (rohani) pada sebuah masyarakat berkaitan erat dengan segala perilakunya, bukan saja tata perilaku yang bersifat ibadah mahdah (khusus) seperti salat dan puasa, namun juga yang bersifat perilaku ibadah ghairu mahadah (umum) seperti hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan.

10. Melanggar Hak Asasi Manusia
Masalah hak asasi manusia menjadi salah satu pusat perhatian manusia sedunia sejak pertengahan abad lalu. Kaum muslim di seluruh dunia juga mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh terhadap isu global ini. Islam selalu mendorong umatnya untuk mendorong umatnya untuk menemukan hal-hal yang baru dan mencari pemecahan-pemecahan baru demi kemajuan umat Islam, bahkan umat manusia di seluruh di dunia.
Ada beberapa pengertian dari hak asasi manusia antara lain :
1.       Hak-hak dasar atau pokok bagi manusia sejak dilahirkan yang merupakan anugerah dari Allah yang Mahakuasa
2.       Hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Allah yang tidak bisa dilanggar oleh siapapun juga, atau
3.       Hak dan kewajiban dasar manusia.
Darah manusia tidak boleh ditumpahkan tanpa alasan yang benar. Hukum Islam pun telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut, diantaranya larangan menindas wanita, anak-anak, orang tua, orang-orang sakit atau orang cidera, kehormatan dan kesucian, baik laki-laki maupun perempuan harus dihormati dalam segala keadaan, orang lapar harus diberi makan, orang telanjang diberi pakaian dan orang-orang sakit atau terluka di tolong tanpa memperdulikan apakah ia seorang muslim atau bukan, bahkan musuh sekalipun (lihat QS Al Maidah)

Di atas adalah 10 dosa besar yang sangat dimurkai oleh Allah SWT, maka kita semua sebaiknya menjauhi dari pada dosa-dosa tersebut, bahkan kita harus menjauhi semua yang berhubungan dengan dosa agar hubungan kita dengan Allah dan manusia menjadi lebih baik, terima kasih telah membaca artikel saya ini, wassalam.

3 comments:

  1. tidak melaksanakan sholat nomor berapa, knp tidak ada ?

    ReplyDelete
  2. Bener tuh.. padahal mlaksanakan sholat juga wajib.. dosa besar klw g ngjalaninya

    ReplyDelete

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment