Sunday, 6 May 2012

TANGKI BAHAN BAKAR MOBIL EFI

Tangki Bahan Bakar Mobil EFI
(Electronik Fuel Injection)

PENGERTIAN Tangki
          Tangki bahan bakar adalah wadah yang aman untuk cairan mudah terbakar. Meskipun setiap tangki penyimpanan untuk bahan bakar memiliki struktur berbeda di dalamnya, tapi tidak terlalu berbeda pada cara kerjanya. Tangki harus memiliki ketahanan yang kuat dan tidak mudah rusak. (gambar 1)
PENGGUNAAN Tangki
          Biasanya, tangki bahan bakar harus mengizinkan atau memberikan hal berikut:
nPenyimpanan bahan bakar: sistem harus mengandung sejumlah  tertentu bahan bakar dan harus menghindari kebocoran dan membatasi emisi.
nPengisian : tangki bahan bakar harus diisi dengan cara yang aman, tanpa ada api
nMenyediakan metode untuk menentukan tingkat bahan bakar di tangki, kuantitas sisa bahan bakar di dalam tangki harus diukur atau dievaluasi
nVentilasi (jika over-tekanan tidak diperbolehkan, uap bahan bakar harus dikelola melalui ventilasi)
nMengantisipasi potensi untuk kerusakan dan memberikan kemanan pada pengguna
nTangki harus selalu kuat dalam kondisi apapun.

TEKNOLOGI Rakitan Tangki
Dua teknologi digunakan untuk membuat tangki bahan bakar untuk mobil:

nPlastik ( high density polyethylene ) Teknologi ini semakin banyak digunakan karena sekarang menunjukkan kapasitasnya untuk memperoleh emisi yang sangat rendah dari bahan bakar. HDPE juga dapat mengambil bentuk yang kompleks, yang memungkinkan tangki untuk dipasang langsung di atas poros belakang, menghemat ruang dan meningkatkan keselamatan kecelakaan. Awalnya ada kekhawatiran terhadap rendah ketangguhan patah HDPE, jika dibandingkan dengan baja atau aluminium. Tapi itu bisa diantisipasi dalam jangka waktu yang lama.

nLogam ( baja atau aluminium ) tangki bahan bakar dilas dari lembaran. Meskipun teknologi ini sangat baik dalam membatasi emisi bahan bakar, cenderung menjadi kurang kompetitif dan dengan demikian minat pengguna kurang di pasar.
STRUKTUR Tangki EFI

POMPA Bahan Bakar
(dalam TANGKI)
          Memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke mesin, sehingga memungkinkan pipa bahan bakar untuk dapat menjaga tekanan yang tetap.
          Ada tipe tangki dalam yang terletak di dalam tangki, dan tipe segaris yang terletak di tengah pipa bahan bakar.
          Ada berbagai macam cara bagaimana menggerakkan pompa; sistem EFI (Electronic Fuel Injection) menggunakan pompa yang digerakkan secara kelistrikan dengan sebuah motor.
          Tipe elektrik Dan Mekanik. (gambar 3)
POMPA Bahan Bakar
          1.  Motor
          2. Pendorong pompa tipe turbin

SARINGAN Bahan Bakar
(dalam Tangki)
          Saringan Bahan Bakar Berfungsi untuk Membuang zat-zat terkontaminasi dari bahan bakar dan Untuk mencegah agar zat-zat tersebut tidak terpompa masuk ke dalam injektor, sebuah kertas saringan digunakan untuk menyaring zat-zat kontaminasi. Rakitan saringan bahan bakar harus diganti pada interval berkala. (gambar 4)
  SARINGAN Bahan Bakar
          1.Saringan bahan bakar (tipe kotak terpadu)
          2.Rakitan pompa bahan bakar

REGULATOR TEKANAN
Bahan Bakar (dalam Tangki)
          Regulator Tekanan Berfungsi untuk Mengatur bahan bakar pada tekanan tertentu, sehingga Bahan bakar akan selalu tersedia serta aliran bahan bakar yang juga stabil.(gambar)
REGULATOR TEKANAN
Bahan Bakar
1.  Regulator tekanan
2. Rakitan pompa bahan bakar

PERMASALAHAN
Tangki Bahan Bakar
Permasalahan pada saringan bahan bakar bakar (biasanya disebabkan karena faktor lama bekerja, saringan yang kotor harus dibersihkan ataupun diganti).

Gejala pada pompa bahan bakar (biasanya terjadi karena adanya kotoran yang buruk masuk ke dalam pompa sehingga pompa gagal bekerja).

Tangki bocor (peristiwa ini mungkin lebih banyak terjadi pada mobil yang masih menggunakan tangki berbahan besi maupun baja, karat dapat membuat tangki lapuk dan menyebabkan tangki bocor di sisinya).

Regulator Tekanan Bahan Bakar Buruk (terjadi biasanya akibat adanya kebocoran pada tangki).

TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment