Saat sekarang ini, motor
injeksi sudah banyak dikenal oleh umum, anda tahu kan tentunya motor ini?
Sebenarnya ini bukanlah sebuah motor, melainkan sebuah actuator pada kendaraan
yang berfungsi mengkabutkan bahan bakar bensin ke dalam ruang bakar melalui injektor
dengan mencocokan berat udara yang masuk ke dalam ruang bakar, sehingga
terjadilah pembakaran yang jauh lebih sempurna daripada mesin karburator. Namun
dalam sebuah mahakarya pastilah ada sesuatu yang terkadang sulit diterima, maka
dari itu marilah kita membahas kekurangan dan kelebihan mesin injeksi
Kelebihan
Motor Injeksi
1. Campuran udara dan
bensin selalu akurat (perbandingan ideal) pada semua tingkat putaran mesin.
Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena dikontrol
oleh ECU sesuai dengan masukan sensor-sensor yang bertebaran di sekujur mesin.
Seperti sensor rpm, jumlah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca
di sekitar mesin. Bahkan pada kondisi
pengendaraan tertentu seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU
mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal. Kondisi ini
memberikan keuntungan tersendiri yaitu mengurangi emisi gas buang dan lebih
hemat pemakaian bensin.
KOMPONEN PADA INJEKTOR
2. Hemat bahan bakar,
campuran udara dan bahan bakar di mesin injeksi yang selalu akurat, membuat
penggunana bahan bakar menjadi lebih efisien alias hemat.
3. Tarikan lebih
responsive pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan
silinder jaraknya agak jauh. Selain itu, perbedaan bobot berat jenis antara
bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan
jumlah bensin yang dihisap. Sehingga tarikan menjadi kurang responsif.
Sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor) dekat silinder.
Saluran bensin yang menuju injektor bertekanan antara 2,5 s/d 3,0 kg/cm2 lebih
tinggi dari tekanan intake manifold. Berhubung diameter mulut injektor sangat
kecil, ketika sinyal listrik dari ECU mengaktifkan injektor maka bensin yang menyembur
berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran
yang homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan
menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai
perubahan katup gas.
4. Mesin mudah
dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan kondisi cuaca Pada temperatur rendah
(dingin), menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan campuran lebih gemuk
dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi
karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara
masuk. Saat menghidupkan mesin (starting) dan kondisi dingin, secara otomatis
jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi
apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.
5. Perawatan mudah
jika karbu ketika dibersihkan harus dibongkar sehingga membutuhkan waktu lama,
belum lagi resiko karena sering dibongkar sehingga beberapa komponen jadi
rentan aus,terutama skep pelampung. sedang untuk tipe motor yang menggunakan
injeksi rentan waktu perawatan lebih lama, cukup 10-15 ribu kilometer sekali,
itu pun cukup di semprotkan injector cleaner. bahkan jika kualitas bengsin yang
digunakan bagus, sebenarnya injeksi tidak perlu diapa-apakan lagi. karena selain
steril, juga telah dibackup dengan filter halus sebelum masuk ke injector
biar lebih aman.
6. Ramah lingkungan di
knalpot motor injeksi biasanya di lengkapi catalytics
converter (CC), sistem ini akan merubah zat zat hasil pembakaran yang
berbahaya menjadi zat yang lebih ramah ligkungan atau dengan menggunakan sistem
sensor O2.
Kekurangan
Motor Injeksi
1. Perawatan Harus di
Bengkel Khusus Karena motor injeksi tidak bisa di utak atik secara sembarangan,
maka perawatan atau perbaikan harus di lakukan pada bengkel resmi.
MEMBERSIHKAN INJEKTOR, PENGABUTAN SEMPURNALAH YANG TERBAIK, NO 6
2. Modifikasi lebih
mahal Bagi anda yang suka modifikasi motor, anda harus mengeluarkan dana lebih
jika ingin memodifikasi motor injeksi.
3. Harga sparepart
lebih mahal Sparepart atau sukucadang motor injeksi terbilang cukup mahal.
Motor injeksi juga butuh alternator atau pembangkit listrik lebih besar.
4. Lebih sensitif soal kelistrikan
Kerusakan kecil pada kelistrikan dapat mengakibatkan motor mati.
5. Sensitif terhadap
kualitas bahan bakar Karena mulut injektor sangat kecil sehingga sangat
sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Oleh karena itu disarankan menggunakan
pertamax sebagai bahan bakar motor injeksi. Selain itu, kerja catalytics
converter juga di pengaruhi kadar timbal dalam bahan bakar.
Di atas merupakan pembahasanya, bagi sobat yang
ingin mengkritik ataupun menambahkan artikel yang masih jauh dari kata sempurna
ini, kami membuka pintu yang sangat lebar,
Terima kasih telah membaca sampai akhir.
ReplyDeleteayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya ^.^
ReplyDeleteayo bergabung dengan kami di dewapk^^com dan diadd ya pin bb kami 55F97BD0
ReplyDeleteingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^
mari segera bergabung dengan kami.....
ReplyDeletedi ajoqq^^com...
segera di add black.berry pin 58CD292C.
WwW-AJoQQ club-c0m | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
ReplyDeleteadd pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**