Monday, 10 March 2014

PENGERTIAN PEMASARAN



Hai sobat blogger, kali ini saya akan berbagi artikel yang berhubungan dengan pelajaran kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan di Indonesia yaitu Pengertian pemasaran pada kewirausahaan, artikel ini juga dapat menjadi referensi pembelajaran bagi wirausahawan muda di Negara ini, termasuk saya :D oke lets klik below

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang potensial.

Penjualan adalah suatu ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang/ jasa yang ditawarkan.

Seni Menjual  dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli barang-barang yang ditawarkan dengan mengunakan kepandaian ilmu menjual sehingga akhirnya pembeli tertarik untuk membelinya.
 
Teknik Menjual : Mengunakan Metode AIDAS
Apa itu AIDAS? Sebagian orang masih banyak yang mungkin baru mendengar kata ini, atau sebagian lagi baru tahu saat pelajaran kewirausahaan di sekolah, pengertian AIDAS itu ialah:
A : Attention ( Perhatian ) : Penjual dapat menarik perhatian calon pembeli dengan penampilan menarik
I :Interest ( minat ) : Penjual member motivasi, agar pembeli menjadi berminat dengan barang yang ditawarkan
D : Desire ( Keinginan ) : Penjual member motivasi agar pembeli mempunyai keinginan membeli
A :  Action ( Tindakan )     : Penjual membantu pembeli melakukan transaksi
S : Service ( Pelayanan ) : Adanya layanan purna jual untuk pembeli di masa depan.

Agar barang yang kita produksi cepat dikenal, diketahui, dibutuhkan dan diminta oleh konsumen, maka seorang pengusaha harus segera melakukan usaha-usaha sebagai berikut:
* Informasikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada konsumen.
* Bujuk konsumen agar mau membeli barang dan jasa yang dihasilkan.
* Pengaruhi konsumen agar membeli barang dan jasa yang kita hasilkan.

Ada beberapa jenis promosi:
(1) Iklan, bisanya dilakukan melalui media cetak (surat kabar, majalah, buletin) dan media elektronika seperti TV, Radio, Internet dan lain sebagainya.
(2)Promosi penjualan, biasanya dilakukan melalui pameran dagang, kuis berhadiah, hiburan, dan kegiatan atau even lainya.
(3) Wiraniaga, yaitu dengan mempromosikan langsung barang ke konsumen sasaran dengan membawa produk contoh.
(4) Pemasaran langsung, yaitu dengan langsung menghubungi konsumen.
(5) Humas, yaitu mempublikasikan barang-barang dan jasa melalui bilboard, pamlet, dan lain sebagainya.

Barang dan jasa yang telah diperkenalkan dengan promosi tersebut perlu dipertahankan agar konsumen tetap membutuhkan. Oleh sebab itu, tugas wiraniaga adalah:
- Mempertahankan pangsa pasar dan volume penjualan
- Mengembangkan pangsa pasar dan volume penjualan.
Untuk mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasar volume penjualan tentu saja seorang wirausaha perlu:
(a) Menghargai dan memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen.
(b)   Menganalisis kelebihan dan kekurangan kemampuan pemasaran yang kita miliki maupun yang dimiliki pesaing.
(c)  Mencari strategi lain untuk memasuki dan menguasai pangsa pasar.

Di atas merupakan pembahasan lengkap mengenai pemasaran dan cara cara lainya untuk tetap menjadi wirausaha sejati, anda dapat menguasai seorang pelanggan itu dengan cara anda berbuat baik kepada diri anda, dan tingkat kepuasan anda akan sangat baik nantinya, Terima kasih sobat, jangan lupa tinggalkan comment + Sob.

No comments:

Post a Comment

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment