Tuesday, 4 March 2014

PENGERTIAN BENSIN DAN NILAI OKTAN



Bensin / Premium / Gasoline adalah sebuah bahan bakar yang merupakan bahan campuran hidrokarbon yang dihasilkan dari penyulingan oli mentah, bensin pada sebuah kendaraan sangat diperlukan untuk menciptakan pembakaran di ruang bakar


Bensin sangat mudah menguap, dan membangkitkan panas yang tinggi.
Dan, bensin juga memenuhi persyaratan kondisi yang diperlukan untuk bahan bakar kendaraan:
  • Tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.
  • Bersifat anti ngelitik (anti-knocking).
  • Harganya cukup rendah.
  • Mudah ditemukan
Untuk alasan-alasan inilah, maka bensin digunakan sebagai bahan bakar mesin bensin. tetapi bensin juga memiliki kekurangan sebagai contoh, bensin merupakan sumber daya alam yang tidak bias diperbarui, maka dari itu penggunaan bensin suadah banyak yang membuat bahan bakar alami yang dapat diperbarui ataupun membuat penggunaan bensin lebih hemat di sebuah pembakaran
 
Bensin juga sangat mudah menguap, dan berubah menjadi gas yang mudah terbakar bila mengalami kontak dengan udara.
Karena bensin dapat terbakar dengan mudah hanya dengan percikan bunga api sedikit dan menjadi sangat berbahaya, maka berhati-hatilah saat menanganinya. 

Angka oktan pada bahan bakar bensin
Angka oktan adalah salah satu pengukur untuk menunjukkan karakteristik bensin dan mewakili karakteristik bahan bakar anti ngelitik (knocking).
Bensin dengan angka oktan lebih tinggi memiliki kemungkinan yang kecil untuk menyebabkan mesin ngelitik dibandingkan dengan bensin berangka oktan lebih rendah.
Untuk menaikkan angka oktan, beberapa tipe bensin mengandung timbal, sementara yang lainnya tanpa timbal.
Karena beberapa mesin dirancang untuk menggunakan bensin yang mengandung timbal, sementara yang lainnya tanpa timbal, maka harus digunakan tipe bensin yang tepat. Pada ummunya bensin premium hanya bernilai 80 an nilai oktan sedangkan pertamax dapat mencapai 95 nilai oktan yang membuat bahan bakar ini mengalami pembakaran sempurna di ruang bakar, karna semakin besar nilai oktan maka pembakaran akan semakin pas di timing pengapian, jika semakin rendah nilai oktan maka bahan bakar akan terbakar sebelum busi menyuntikan bunga api karena sudah terbakar dahulu karna panas ruang bakar

Ngelitik (knocking) dihasilkan oleh pembakaran bensin yang tidak normal di dalam silinder. Suara ini ditimbulkan oleh ketukan yang berulang-ulang pada dinding silinder, yang mengurangi output tenaga mesin.

No comments:

Post a Comment

Thank you so much if you give a comment for me, it so help me to improve my blog....later

Please Types your Comment