Sekilas tentang Mesin
Diesel
(How Diesel Engine Work)
(How Diesel Engine Work)
1) Prinsip Kerja Mesin Diesel
Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah
satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping
motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan
kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya
diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor
bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ºC. Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri (self ignition). Penampang mesin diesel secara sederhana dapat dilihat pada Gambar.
bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ºC. Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri (self ignition). Penampang mesin diesel secara sederhana dapat dilihat pada Gambar.
2) Keuntungan dan Kerugian mesin diesel
Motor diesel juga mempunyai keuntungan dibanding
motor bensin, yaitu:
a) Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena
efisiensi panas lebih baik, biaya operasi lebih hemat karena solar lebih murah.
b) Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih
sedikit, karena tidak menggunakan sistem pengapian
c) Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak
d) Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan
besar, karena variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih
kecil.
Di samping itu motor diesel memiliki kerugian,
yaitu:
a) Suara dan getaran yang timbul lebih besar
(hampir 2 kali) daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan yang sangat
tinggi (hampir 60 kg/cm2) pada saat pembakaran
b) Bobot per satuan daya dan biaya produksi lebih
besar, karena bahan dan konstruksi lebih rumit untuk rasio kompresi yang tinggi
c) Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga
perawatan lebih sulit
d) Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter
yang besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi yang tinggi.
Secara singkat prinsip kerja motor diesel 4 tak
adalah sebagai berikut:
a) Langkah isap, yaitu waktu torak bergerak dari
TMA ke TMB. Udara diisap melalui katup isap sedangkan katup buang tertutup.
b) Langkah kompresi, yaitu ketika torak bergerak
dari TMB ke TMA dengan memampatkan udara yang diisap, karena kedua katup isap
dan katup buang tertutup, sehingga tekanan dan suhu udara dalam silinder
tersebut akan naik.
c) Langkah usaha, ketika katup isap dan katup buang masih tertutup,
partikel bahan bakar yang disemprotkan oleh pengabut bercampur dengan udara
bertekanan dan suhu tinggi, sehingga terjadilah pembakaran. Pada langkah ini
torak mulai bergerak dari TMA ke TMB karena pembakaran berlangsung bertahap,
d) Langkah buang, ketika torak bergerak terus dari
TMA ke TMB dengan katup isap tertutup dan katup buang terbuka, sehingga gas
bekas pembakaran terdorong keluar.
3) Proses pembakaran mesin diesel
Proses pembakaran dibagi menjadi 4 periode:
a) Periode 1: Waktu pembakaran tertunda (ignition
delay) (A-B)
Pada periode ini disebut fase persiapan pembakaran,
karena partikel-partikel bahan bakar yang diinjeksikan bercampur dengan udara
di dalam silinder agar mudah terbakar.
b) Periode 2: Perambatan api (B-C)
Pada periode 2 ini campuran bahan bakar dan udara
tersebut akan terbakar di beberapa tempat. Nyala api akan merambat dengan
kecepatan tinggi sehingga seolah-olah campuran terbakar sekaligus, sehingga
menyebabkan tekanan dalam silinder naik.
Periode ini sering disebut periode ini sering disebut pembakaran letup.
c) Periode 3: Pembakaran langsung (C-D)
Akibat nyala api dalam silinder, maka bahan bakar
yang diinjeksikan langsung terbakar. Pembakaran langsung ini dapat dikontrol
dari jumlah bahan bakar yang diinjeksikan, sehingga periode ini sering disebut
periode pembakaran dikontrol.
d) Periode 4: Pembakaran lanjut (D-E)
Injeksi berakhir di titik D, tetapi bahan bakar
belum terbakar semua. Jadi walaupun injeksi telah berakhir, pembakaran masih
tetap berlangsung. Bila pembakaran lanjut terlalu lama, temperatur gas buang
akan tinggi menyebabkan efisiensi panas turun.
makasihinfonya...
ReplyDeletejadi tambah tau
ReplyDeleteizin copy yaa...
ReplyDeleteBerarti ga pake busi ya?
ReplyDeletepada mesin diesel tetap memakai busi, yang disebut busi pijar. busi ini bekerja hanya untuk memanaskan ruang bakar, tdk seperti busi pada motor bensin.
ReplyDeleteklo ga salah namanya pree heating tpi klo kenyataan dilapangan jarang dipakai
ReplyDeleteTRANSFORMER PAKE MESIN AP Y..?
ReplyDeletecuma mesin diesel yg bisa di pasang 3 turbocharger, wow,
ReplyDeletesipp
ReplyDeleteIjin belajar gan, maklum newbie nih.... kalau mesin bensin dikit2 ngerti, mesin diesel masih awam banget :)
ReplyDeletethanks gan ...
okleyyy
ReplyDeleteklow g2 lebih irit mna
ReplyDeletemas saya bau blajar buat blog nee jd saya mau ngopi materinya yac mas,,,, n bagi dong infonya buat blog agar lebih menarik
ReplyDeletemakasih,info yang bgus jd tambah wa2san..
ReplyDeleteHey there! This is my first visit to your blog!
ReplyDeleteWe are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community
in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on.
You have done a outstanding job!
Here is my page Ripped XL Supplement
There's definately a great deal to learn about this subject. I really like all of the points you made.
ReplyDeleteHere is my homepage :: Equinox Skin Care Serum
Hi there, I found your site by means of Google while looking for a related subject,
ReplyDeleteyour web site came up, it appears good. I have bookmarked it in my google bookmarks.
Hello there, just became alert to your blog thru Google, and found
that it is truly informative. I'm going to watch out for brussels. I will be grateful should you continue this in future. Many other folks will likely be benefited from your writing. Cheers!
my web page - be your own boss
makasih mas.. izin sedot di sini cara kera mesin diesel
ReplyDeleteya sama sama mas rizal
Deletegan, mau tanya. Proses pembakaran antara mesin bensin dan mesin diesel itu lebih cepat mana??
ReplyDeletekalau perbandingan cepatnya tidak terlalu dpermasalahkan, mesin bensin memiliki pembakaran yang lebih sempurna dari mesin diesel membuat bahan bakar menjadi lbh irit, namun mesin diesel memiliki pembakaran yang besar dan kuat, sehingga tenaga akan sangat besar.
Deleteahmad hariadi kurang tepat. kalo dari sempurna dilihat dari efisiensi. mesin diesel lebih tinggi efisiensinya. dikarenakan kompresi mesin diesel yang lebih tinggi dari mesin bensin.
DeleteTerimakasih infonya!, pembahasan yang lenkap dan komprehensif bagus bagi para pembacanya yang belum mengerti tentang mesin diesel!
ReplyDeleteterima kasih kembali telah berkunjung
Deletemakasih infonya. ijin download ya :)
ReplyDeleteya sama sama
DeleteSaya kamillllllllllll
ReplyDeleteSaya kamillllllllllll
ReplyDeleteKalau Hino Dutro RPM tinggi tiba2 gas mbrebet seperti telat solarnya kira apanya gan yg bermasalah?
ReplyDeletecoba aja di bleeding atau buang anginnya tiap tiap injektor gan
Deletebagus artikel kunjungi juga https://bacaartikellengkapp.wordpress.com
ReplyDeletebila ingin mencari mesin bubut http://www.agenmesinbubut.com/
http://mapelotomotif.blogspot.com/2015/10/keunggulan-mobil-mesin-diesel-dibanding.html
ReplyDeletebisa buat referensi..
http://mapelotomotif.blogspot.com/2015/10/cara-kerja-mesin-diesel-commonrail.html
ReplyDeleteNice. Thanks ilmunya yaa
ReplyDeleteijin share gan
ReplyDeleteMakasih gan
ReplyDeletesiiip mantabs penjelansannya boss, sangat bermanfaat untuk orang yang sedang membutuhkan informasi seperti ini.
ReplyDeleteService Genset Semarang
The diesel engine is an internal combustion engine that uses a piston to mengkorversi energy arising from the combustion of diesel fuel injected into the combustion chamber.
ReplyDeletetogel sgp
Dahulu kendaraan bermesin diesel identik dengan kendaraan niaga dan untuk angkutan berat, namun seiring perkembangan zaman mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan mewah jenis sedan seperti mercy, dll.
ReplyDeleteAnda sedang butuh jasa service genset? kami melayani service genset panggilan untuk wilayah Jabotabek & service genset seluruh kota di Indonesia hubungi Dwi Asmarawardana 0852-1699-5545
ayo segera daftarkan diri anda di www,ionQQ,com
ReplyDeletenikmati bonus referal 20% dan cash back 0.3% setiap minggunya
pin BB : 58ab14f5
Ayo Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)Upd4teBett1ng(dot)com
ReplyDeletedepo/wd hanya 50rb saja
ajoqq^^com
ReplyDeletemau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq^^com...
segera di add black.berry pin 58CD292C.
ReplyDeleteayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
mari segera bergabung dengan kami.....
ReplyDeletedi ajoqq^^com...
segera di add black.berry pin 58CD292C.
WwW-AJoQQ club-c0m | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
ReplyDeleteadd pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**